Creasi adalah situs cari kerja kreatif di Indonesia yang membantu semua Creative Talent (pekerja kreatif) melamar kerja dengan cepat dan mudah. Hanya dengan satu isian singkat dan upload CV + Portfolio dalam satu file, lamaran kerja akan terkirim. Para Talent Seeker (perusahaan maupun individu) dapat memasang info lowongan kerja kreatif dan melakukan proses rekrutmen dengan cepat dan mudah. Beberapa kategori lowongan kerja yang populer adalah: graphic design, illustrator, web design, copywriter, content writer, photographer, packaging design, fashion design, motion graphic dan digital imaging. Dengan info lowongan kerja terbaru di Creasi, mencari lowongan kerja dan melamar kerja di bidang kreatif menjadi semakin gampang.

6 Prasangka Terhadap Lulusan DKV


6 Prasangka Terhadap Lulusan DKV

 

Wah, keren kamu kuliahnya desain ya? Pasti bisa ini bisa itu…

 

Pernah dituduh atawa disangka macam-macam lantaran kamu kuliahnya jurusan DKV (desain komunikasi visual)? Terkadang saudara, tetangga, teman bahkan orangtua cuma tau kamu kuliahnya DKV dan langsung menyimpulkan bahwa kamu begini dan begitu. Nih beberapa contohnya

 

Kamu pasti jago gambar

Wah, kamu kuliahnya kan belajar gambar-gambar. Bikin gambar gue dong pakai pensil, pasti keren. Dan, setelah kamu mencobanya, ternyata hasilnya kurang menggembirakan. Kok bisa?

Banyak sih anak DKV yang jago gambar (pakai tangan), tapi nggak semua lho. Lha, graphic designer kan gambarnya pakai software di komputer, bukan tangan. Kalau seorang illustrator, painter, visualizer atau sketcher mungkin lebih banyak tuh gambar pakai tangan. Lagian kuliah DKV kan nggak belajar gambar doang lho.

 

Kamu mau mengerjakan proyek thank you

Eh, tolongin dong bikinin desain logo buat restoran gue dong. Kaya gini gini ya pengennya…

Boleh sih bantu teman, tapi bukan berarti jerih payah kamu membuat desain logo itu bukan sesuatu yang gratisan lho. Kadang mereka pikir desain itu sekedar bantuan kecil, padahal kan nggak gampang lho bikinnya.

Terkadang di awal karir atau ketika kuliah, kamu memang perlu memberikan project thank you. Tapi nggak mungkin seterusnya kan.

Oya project thank you itu istilah kalau bantu mengerjakan sebuah pekerjaan tapi si pemberi pekerjaan memberinya imbalan berupa ucapa terima kasih doang.

 

Kamu bisa membuat desain dengan cepat

Lucu ya desainnya. Bikinnya gitu doang ya padahal… Orang yang tidak pernah melihat proses yang harus dilalui untuk membuat sebuah desain yang keren terkadang tidak tau bahwa ada proses yang tidak gampang.

Padahal kan ada unsur riset dan konseptual yang terjadi sebelum kita mulai nyoret-nyoret sebuah draft desain. Kita harus pahami dulu audiens kita siapa, produk kita apa dan lainnya. Milih warna dan milih font juga nggak cap cip cup aja lho. Belum kalau ada beberapa kali permintaan revisi.

 

Kamu bisa ngerjain semua hal berbau kreatif

Walaupun kamu belajarnya cuma seputar graphic design, kamu sering diminta bantuin untuk hal-hal berbau kreatif lainnya. Misalnya: kamu kan lulusan DKV, pasti bisa bikin video juga kan? Lha, belum tentu juga kali. Kamu kan orang kreatif, pasti bisa jadi MC dong! Padahal kamu pemalu dan super nervous kalau ngomong di depan banyak orang. Si itu aja tuh yang moto-moto, kan kuliahnya DKV… pasti bisa moto. Eh, tolongin dong laptop gue kok nge-hang terus sih? Lha, emangnya kita palu gada? Palu gada = Apa lu mau gue ada.

Apa ada yang bisa semua? Ada-ada aja sih, tapi nggak bisa dipukul rata lho.

 

Kamu punya kerjaan yang super keren bangets

Wah baru setaon lulus kamu udah jadi Art Director di perusahaan anu ya. Keren banget! Umur 24 udah jadi direktur… oom aja umur 35 baru jadi direktur.

Padahal kamu menjadi Junior Art Director sama seperti semua yang baru masuk ke perusahaan Brand Agency kebanyakan, bukan direktur yang menjadi bagian dari pimpinan perusahaan.

Wah, seru ya kamu kerjaannya nongkrong di kafe-kafe ngehits banget. Pasti kerjaan kamu ngehits banget.

Padahal kamu freelance designer yang nyari tempat kerja biar bisa konsen. Kalau di rumah aja, orang rumah suka bingung dan nanya “Kok nggak kerja?”. Jadilah kamu beli secangkir kopi, nongkrong 10 jam di kafe yang tentunya memberikan wifi gratis.

 

Kamu anak gaul yang ngerti party

Wah, kamu pasti sering hura-hura, keluyuran malam mingguan ampe pagi ya? Kan work hard, play harder! Nggak juga kali. Justru, lumayan banyak teman-teman lulusan DKV yang rada introvert dan senang waktu bersendiri ria aja. Of course ketika harus kerja dalam tim, brainstorming dan networking memang harus keluar dan bergaul.

Dalam hal memlilih hiburan, justru banyak yang sebenarnya nyari sesuatu yang unik. Jalan-jalan ke Kota Tua, keliling Jakarta naik busway, nonton stand up comedy atau nonton youtube semalam suntuk. Party? Rada jarang tuh.

 

Apakah kamu pernah kena prasangak seperti itu? Hahaha, mending keluyuran cari lowongan kerja buat Graphic Designer di Creasi. Betul nggak?

 

 

 

Sumber gambar:www.freepik.com

 

 

 

Posted on October 30, 2015 | by: Creasi | Comment: 0

Share with

Mail

TOP

thanks for www.uiuxfirst.com