Creasi adalah situs cari kerja kreatif di Indonesia yang membantu semua Creative Talent (pekerja kreatif) melamar kerja dengan cepat dan mudah. Hanya dengan satu isian singkat dan upload CV + Portfolio dalam satu file, lamaran kerja akan terkirim. Para Talent Seeker (perusahaan maupun individu) dapat memasang info lowongan kerja kreatif dan melakukan proses rekrutmen dengan cepat dan mudah. Beberapa kategori lowongan kerja yang populer adalah: graphic design, illustrator, web design, copywriter, content writer, photographer, packaging design, fashion design, motion graphic dan digital imaging. Dengan info lowongan kerja terbaru di Creasi, mencari lowongan kerja dan melamar kerja di bidang kreatif menjadi semakin gampang.

Kenapa email lamaran kerja kamu jarang dibuka Manajer SDM


Kenapa email lamaran kerja kamu jarang dibuka Manajer SDM

 

Hi para Creative Talents!

Kamu lagi pusing cari kerja di bidang kreatif? Sudah melamar puluhan lowker, tapi hanya satu dua perusahaan yang memanggil kamu untuk wawancara? Bingung kenapa susah dipanggil wawancara?

 

Setelah melihat ribuan CV dan portfolio para Creative Talent, mengelola ratusan lowongan kerja, berbicara dengan puluhan rekrutmen perusahaan dan melakukan survei terhadap puluhan Creative Talent, kami ingin berbagi beberapa pengalaman yang kamu perlu tahu.

Kenapa penting buat kamu tahu? Karena jarang sekali akan ada yang menyampaikannya kepada kamu ketika kuliah atau kerja… Juga ini bisa memperbesar peluang kamu dipanggil wawancara lho!

 

Kita mulai dari sebuah bayangan ya… Bayangkan jika kamu mengirim email lamaran pekerjaan kamu kepada seorang Manajer SDM sebuah perusahaan. Misalnya kamu melamar untuk posisi Senior Graphic Designer deh (kami baru saja membuka lowongan ini bulan lalu).

 

 

Banyak dan beratnya CV lowongan kerja kalian

Nah, untuk posisi itu bisa ditebak ada 30 mungkin 50 orang yang mengirmkan email kepada si Manajer SDM tersebut. Kamu menyiapkan CV dan portfolio kamu lalu attach dan klik “send”. Dalam hitungan menit, email kamu akan sampai di komputer si Manajer SDM tersebut. Apakah akan dibaca? Apakah akan diklik? Atau malahan akan masuk kotak sampah? Kalau tidak didownload bagaimana mungkin dipanggil wawancara?

Ingat, di komputer Manajer SDM tersebut bukan hanya berisi surat lamaran dari 50 orang itu aja lho. Bayangkan kalau perusahaan tersebut sedang membuka lowongan untuk 4 atau 5 posisi pada saat bersamaan. Itu berarti email lamaran kerja yang akan masuk bisa lebih dari 200 email lho! Banyak banget kan?

Apakah kerjaan Manajer SDM hanya mengurus CV? Tentu tidak! Mereka bertanggung jawab untuk melakuakan segudang hal lainnya, mulai dari rekrutmen, training & development, performance appraisal, payroll, asuransi, reimbursement dan lainnya. Belum kalau fungsi SDM digabung dengan fungsi GA (general affairs).

Ok, sekarang bayangkan lagi kalau untuk posisi Senior Graphic Designer itu masing-masing pelamar menyertakan attachment 2 file; satu CV dan satu portfolio. Udah gitu, ukuran file-nya 4MB. Wow, itu berarti 200 x 4MB = 800 MB akan masuk ke email si Manajer SDM tersebut! Mailbox is full tuh! Banyaknya dan besarnya file yang masuk itu baru satu problem.

Bayangkan waktu yang harus dihabiskan untuk download semua file tersebut dan memfilternya. Kami cukup sering menemukan problem lain dimana si pelamar mengirimkan 4 sampai 5 file sekaligus… glek, tambah runyam kan? Banyak juga yang hanya mengirimkan link portfolio dia di sebuah website… kadang mereka mengirimkan satu lembar pdf berisi CV singkat dan menuliskan link portfolionya di file pdf tersebut… pokoknya seru deh!

Betapa repotnya si Manajer SDM ya?

 

 

Email dan nama file lowongan kerja bermasalah

Apakah problemnya hanya itu saja? Lagi-lagi tidak!Ternyata ada problem yang terkesan sangat simpel, tapi bisa berpengaruh besar dalam meloloskan CV kamu masuk daftar panggilan wawancara.

Apakah itu? Email-nya itu sendiri.

Ya, ternyata dari email lowongan kerja yang masuk ke Manajer SDM banyak problem simple seperti: tidak ada subject-nya, tidak ada message apapun di email, email tersebut dikirim ke banyak perusahaan sekaligus, dan banyak lainnya.

Lebih parah lagi kalau di message email tersebut ditulis sesuatu seperti “Untuk portfolio online dapat dilihat di sini xxx…” tanpa basa-basi apapun lagi lho. Apakah ada yang melakukan ini? Banyak! Mungkin saja email kamu tetap dibuka, tapi dengan rasa sungkan dari si Manajer SDM. Kadang si Manajer SDM terpaksa akan download semua email dan semua file yang masuk.

Hampir semua file yang dikirim juga merepotkan pengelolaan CV di computer si Manajer SDM. Kenapa? Karena jarang sekali ada yang memberikan nama file spesifik.

Contoh yang paling sering ditemui adalah penamaan file “cv” – tanpa nama si pelamar. Kalau ada 20 orang kirim cv dan nama filenya sama semua, bayangkan saja tampilannya di folder computer… Masa si Manajer SDM harus klik “save as” dan edit satu persatu ketika download? Sangat menyebalkan bukan?

Email itu memang cara gampang untuk mengirimkan CV, tapi banyak dari Creative Talents yang terlalu menggampangkannya. Kadang main attach, attach, attach… send, send, send… tanpa menghiraukan hal-hal simpel tersebut. Padahal ini adalah kesan pertama yang akan dibangun di mata perusahaan tersebut. Kalau kamu harus bersaing dengan 30 orang pelamar lainnya, kesan pertama harus sangat positif dan sangat kuat tentunya.

 

Nah, kira-kira bagaimana caranya agar email, CV dan portfolio kamu yang akan dibuka, didownload dan dioperkan kepada user-nya dan dipanggil wawancara? Share dong tips kamu di sini.

Yang jelas di Creasi, kamu bisa membuat profil lengkap dengan portfolio dan melamar puluhan lowongan kerja di bidang kreatif dengan mudah lho! Tampilkan profil, pengalaman dan portfolio kamu yang puaallliiinnggg keren sekarang juga... abis itu baru deh coba apply job. Udah cobain belum?

Kalau belum, kamu harus langsung liat daftar lowongan kerja di bidang kreatif yang lagi buka sekarang. Selamat berjuang!

 

 

Sumber gambar: www.freepik.com

 

Posted on August 27, 2015 | by: Creasi | Comment: 0

Share with

Mail

TOP

thanks for www.uiuxfirst.com