Creasi adalah situs cari kerja kreatif di Indonesia yang membantu semua Creative Talent (pekerja kreatif) melamar kerja dengan cepat dan mudah. Hanya dengan satu isian singkat dan upload CV + Portfolio dalam satu file, lamaran kerja akan terkirim. Para Talent Seeker (perusahaan maupun individu) dapat memasang info lowongan kerja kreatif dan melakukan proses rekrutmen dengan cepat dan mudah. Beberapa kategori lowongan kerja yang populer adalah: graphic design, illustrator, web design, copywriter, content writer, photographer, packaging design, fashion design, motion graphic dan digital imaging. Dengan info lowongan kerja terbaru di Creasi, mencari lowongan kerja dan melamar kerja di bidang kreatif menjadi semakin gampang.

Cara Membuat CV yang Efektif dan Menarik + 10 Template CV Gratis


Cara Membuat CV yang Efektif dan Menarik + 10 Template CV Gratis

 

“Submit CV kamu ke sini ya,”
“Tolong kirimkan resume kamu ke …”

Sudah pasti pernyataan di atas adalah hal yang tidak asing lagi bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan. Yap, hal pertama yang harus kamu lakukan untuk melamar pekerjaan adalah mempersiapkan resume atau CV (Curriculum Vitae). Lalu, apakah resume atau CV itu?

Resume atau CV merupakan gambaran singkat tentang diri kamu. CV adalah hal pertama yang perusahaan lihat tentang diri kamu. Dari dokumen sakti inilah perusahaan akan mendapatkan first impression mengenai kamu. Ibaratnya, CV adalah usaha kamu dalam self-branding dan memasarkan kemampuan sehingga kamu dapat direkrut di perusahaan yang kamu inginkan.

Biasanya CV pertama kali dipilah oleh bagian HRD, kemudian yang sesuai dengan kriteria akan diteruskan ke user. Apabila user tertarik, maka kamu akan dipanggil untuk interview atau langsung diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Biasanya CV yang dikirim ke sebuah perusahaan akan dinilai menurut isinya. Tapi ada juga yang hanya fokus pada isi CV yang formal tanpa mempertimbangkan desain dari CV yang dibuat. Kalau isi dan desainnya bagus, berarti kamu sudah satu langkah lebih maju dalam memenangkan panggilan wawancara.

Oleh karena itu, selain isinya yang tepat, kamu juga harus membuat CV yang menarik. Lalu, bagaimana cara membuat CV yang efektif dan menarik ala anak kreatif?

Desain CV yang Sesuai

Sebagai anak kreatif, sudah pasti kalian jago di bagian ini. Berikan desain layout maupun background sesuai dengan bidang yang kamu minati. Apabila kamu seorang ilustrator, buatlah gaya desain CV yang ada ilustrasi nya. Kalau kamu fotografer, buat desain dengan ciri khas fotografi nya, bisa menggunakan logo kamera, tripod, dan sebagainya. Tapi jangan terlalu ramai ya! Simple saja, supaya tetap terlihat formal dan tidak berantakan.

Jangan lupa, buatlah desain yang out of the box dan unik, sehingga CV kamu akan menarik perhatian perusahaan karena lebih catchy dibanding tumpukan CV di kertas HVS berukuran A4 lainnya. By the way, kalau kamu lagi buntu ide banget tapi butuh CV yang cepat dan keren, nih kita kasih beberapa pilihan template yang oke buat CV kamu. Download contoh CV keren yang udah dirangkum tim creasi untuk kamu di bawah sini!

Template 1   Download

Template 2   Download

Template 3   Download

Template 4   Download

Template 5   Download

Template 6   Download

Template 7   Download

Template 8   Download

Template 9   Download

Template 10 Download

Kuncinya sih, kamu harus membuat CV yang oke banget. Kalau bisa, bikin perusahaan yang melihat CV kamu sampai melotot dan nggak sanggup buat nolak kamu! Hehe.

Informasi yang Padat dan Jelas

Setelah mendapatkan desain yang oke untuk CV kamu, langkah selanjutnya adalah mengisi CV dengan data-data pribadi kamu.
Informasi penting yang harus ada dalam CV kamu adalah nama lengkap, kontak, dan alamat/domisili. Informasi tersebut diberikan untuk mempermudah perusahaan untuk menghubungi kamu apabila mereka tertarik dengan CV kamu. Kamu juga dapat menambahkan foto dan tempat tenggal lahir sebagai informasi pelengkap.

Selain itu, edukasi, pengalaman (from latest to oldest), dan skill harus disertakan ke dalam CV sebagai bahan pertimbangan untuk perusahaan. Pengalaman di sini adalah pengalaman kerja sebagai orang kreatif ya, bukan sebagai pekerjaan dibidang lain. Misalnya pengalaman pekerjaan sebagai fotografer di acara pentas seni.

Karena kamu anak kreatif, jangan lupa portfolio nya, ya! Karya yang menurut kamu best of the best saja, tidak usah terlalu banyak. Tonjolkan pada bidang yang kamu minati, sehingga perusahaan bisa lebih mudah menyimpulkan bidang yang cocok untuk kamu.
Kalau kamu fresh graduates yang belum memiliki pengalaman kerja, jangan terlalu banyak memasukan pengalaman kepanitiaan. Lebih baik kamu memasukan portfolio kamu yang berasal dari tugas kuliah, tugas magang atau karya lainnya.

Setelah semua lengkap, jangan lupa periksa kembali CV kamu. Jangan sampai ada kesalahan dalam ejaan maupun pengetikan. Ingat, CV itu harus memberikan first impression yang baik ke perusahaan, jangan sampai timbul impresi yang jelek hanya karna masalah ketelitian dan kerapian. Sepele sih, tapi sangat merugikan.

Sederhana itu Indah dan Mempermudah

CV harus dibuat secara sederhana dan jelas, jangan terlalu bertele-tele. Buatlah CV dalam satu file bersama dengan portfolio singkat kamu. Jangan dipisah menjadi beberapa file atau dengan harus mengunjungi link website untuk melihat portfolio kamu. Apabila kamu merasa file nya sangat besar, ayo berfikir seperti anak kreatif... kan bisa di compress file-nya. Pakai apa? Mbah Google siap membantu, hehe.

Hal ini akan mempermudah perusahaan untuk lebih mengetahui tentang diri kamu dalam waktu yang singkat. Seperti yang kita ketahui, biasanya perusahaan tidak mempunyai banyak waktu untuk membaca tumpukan CV. Kalau CV kamu sudah terlihat membosankan dan merepotkan dengan tulisan atau file yang terlalu banyak, sudah pasti tidak akan menarik perhatian HRD perusahaan itu.

Intinya, buatlah CV yang efektif dan menarik perhatian. Buat yang singkat dan padat saja, namun informasi yang ingin disampaikan tetap jelas. Hal ini akan memperbesar peluang kamu untuk diterima oleh perusahaan yang kamu impikan.

 

Setelah membuat CV yang oke, saatnya kamu melamar pekerjaan! Kalau masih butuh informasi lengkap mengenari lowker kreatif, kamu bisa cek website Creasi ya!


Posted on September 8, 2016 | by: Olva Andriani | Comment: 0

Share with

Mail

TOP

thanks for www.uiuxfirst.com