Creasi adalah situs cari kerja kreatif di Indonesia yang membantu semua Creative Talent (pekerja kreatif) melamar kerja dengan cepat dan mudah. Hanya dengan satu isian singkat dan upload CV + Portfolio dalam satu file, lamaran kerja akan terkirim. Para Talent Seeker (perusahaan maupun individu) dapat memasang info lowongan kerja kreatif dan melakukan proses rekrutmen dengan cepat dan mudah. Beberapa kategori lowongan kerja yang populer adalah: graphic design, illustrator, web design, copywriter, content writer, photographer, packaging design, fashion design, motion graphic dan digital imaging. Dengan info lowongan kerja terbaru di Creasi, mencari lowongan kerja dan melamar kerja di bidang kreatif menjadi semakin gampang.

Memperbesar peluang kamu dipanggil wawancara kerja di dunia kreatif


Memperbesar peluang kamu dipanggil wawancara kerja di dunia kreatif

 

Setelah membagi sedikit pengalaman mengenai banyaknya CV para Creative Talent yang sering menyusahkan si Manajer SDM, kali ini kami akan coba membagi beberapa hal untuk mengatasinya. CV ini adalah peluru pertama dari Creative Talent dengan sasaran utama “dipanggil wawancara kerja”.

Semua kesalahan simpel yang terkait file CV, penamaan file CV, dan email dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Ketika mengirimkan email lamaran kerja, pastikan mencantumkan subject email. Biasanya subject sesederhana “Lamaran Graphic Designer di Creasi”. Harus jelas lamaran kerja dan untuk posisi apa. Jangan dikosongkan!
  2. Di email tersebut, tuliskan message yang singkat dan profesional. Jangan terlalu panjang sehingga harus scroll down banyak. Jangan juga menguraikan lagi apa yang sudah banyak ada di CV. Boleh juga menambahkan “bumbu” berupa tagline kamu untuk memicu pembaca ingin membuka CV kamu.
  3. File CV yang kamu attach, usahakan satu file yang sudah berisi CV DAN portfolio kamu. Ini akan sangat memudahkan si Manajer SDM ketika memproses puluhan CV.
  4. Nama file CV yang kamu attach harus diberi nama yang sesuai. Bisa sesederhana “Resume Ario Surindro – Graphic Designer”. Lagi-lagi ini memberikan kesan profesional dan memudahkan si Manajer SDM. Btw, kami pernah dapat CV dengan nama file “CV gue” – seriusan!
  5. Terakhir, usahakan ukuran file CV yang kamu attach tidak terlalu besar. Ukuran 2 MB cukup standar sih untuk seorang Creative Talent.

 

Ada 3 pendekatan yang sebaiknya dicoba untuk memperbesar peluang kamu dipanggil wawancara kerja.

 

Lengkapi yang wajib ada

Ini adalah pendekatan paling standar dan pertama yang harus kamu lakukan. Semua informasi standar seperti biodata singkat; nama, tanggal lahir, alamat, HP, email cukup standar. Setelah itu mulailah dari riwayat pengalaman terkini. Tuliskan posisi/peran, perusahaan, sedikit deskripis pekerjaan dan pencapaian kamu di sana. Lakukan ini untuk tiap posisi. Berikutnya adalah riwayat pendidikan secara singkat saja. Biasanya hanya dari level SLTA dan kuliah, terkadang hanya kuliah/kursus saja cukup. Jika posisi yang kamu lamar menuntut skill tertentu, juga wajib dicantumkan.

Tidak perlu mencantumkan berat badan, hobi dan kata-kata mutiara kecuali profesi kamu menuntut hal tersebut atau kamu yakin ini akan mendukung posisi yang kamu lamar.

 

Menarik secara visual

Rasanya tidak perlu diurai secara ditel di sini karena contoh di mbah google sudah bejibun. Coba saja lakukan dua hal ini; pertama ketik di google “CV example” dan lihat image yang muncul. Kemudian ketik di google “Creative CV example” dan lihat image yang muncul. Kalian pasti akan mengerti maksud kami kan?

Intinya, CV kalian harus mampu menjual dirinya sendiri dari tampilan yang menarik.

 

Out of the box!

Untuk beberapa pekerjaan, cara yang sangat ampuh untuk menarik perhatian Manajer SDM sekaligus user, adalah dengan membuat sesuatu yang benar-benar out of the box. Kami beri beberapa contoh berikut:

Samuel Profeta Resume on a milk box

Bayangkan jika kalian menerima CV berbentuk sebuah kotak susu yang keren seperti itu.

 

Sudah dengar tentang resume yang satu ini? www.nina4airbnb.com. Ini bukan sekedar sebuah webpage biasa, tapi sudah dilengkapi analisa dan solusi untuk mengatasi sebuah masalah yang dihadapai perusahaan. Walaupun solusinya belum tentu langsung dipakai, tapi usaha dan kreativitasnya luar biasa. Hasilnya? Silakan baca di sini.

Seorang teman saya di dunia advertising menceritakan bahwa di sebuah advertising agency terkenal di Jakarta sedang dibuka lowongan sebagai seorang copywriter. Setelah sekian banyak lamaran kerja masuk, ada satu yang sangat menonjol. Ternyata ada satu orang pelamar yang mengirimkan lamarannya berbentuk sebuah pulpen. Pulpen itu melambangkan “penulis” dan sekaligus di dalam pulpen itu terdapat resume si pelamar. Singkat cerita, akhirnya dia diterima kerja lho!

Pendekatan out of the box seperti belum tentu dapat digunakan untuk semua posisi yang kamu lamar, jadi pilihlah dengan baik-baik.

 

Semoga paparan ini sedikit membantu kalian semua Creative Talent yang sedang mencari kerja di bidang kreatif! Kalau ada masukan atau mau berbagi pengalaman kalian, baik sebagai pihak SDM ataupun Creative Talent, please feel free!

Untuk memfasilitasi proses mencari kerja di bidang kreatif, coba buat profil dan portfolio di Creasi. Di sini kamu bisa membuat profil, mengisi portfolio, upload CV terbaru dan lamar puluhan lowongan kerja dibidang kreatif. Malah ada beberapa Creative Talent yang proses rekrutmen kerjanya hanya dalam hitungan 2 minggu sejak melamar kerja melalui Creasi lho... Beneran!

 

 

 

Sumber gambar:www.freepik.com

 

 

 

 

Posted on August 27, 2015 | by: Creasi | Comment: 0

Share with

Mail

TOP

thanks for www.uiuxfirst.com