Creasi adalah situs cari kerja kreatif di Indonesia yang membantu semua Creative Talent (pekerja kreatif) melamar kerja dengan cepat dan mudah. Hanya dengan satu isian singkat dan upload CV + Portfolio dalam satu file, lamaran kerja akan terkirim. Para Talent Seeker (perusahaan maupun individu) dapat memasang info lowongan kerja kreatif dan melakukan proses rekrutmen dengan cepat dan mudah. Beberapa kategori lowongan kerja yang populer adalah: graphic design, illustrator, web design, copywriter, content writer, photographer, packaging design, fashion design, motion graphic dan digital imaging. Dengan info lowongan kerja terbaru di Creasi, mencari lowongan kerja dan melamar kerja di bidang kreatif menjadi semakin gampang.

Persiapan Wawancara Kerja Bidang Kreatif buat Fresh Grad & First Jobbers


Persiapan Wawancara Kerja Bidang Kreatif buat Fresh Grad & First Jobbers

 

Selamat ya! Kamu sudah dipanggil wawancara kerja oleh salah satu perusahaan yang kamu lamar.

Setelah berbulan-bulan menunggu jawaban dari ratusan lamaran yang kamu ajukan... hari yang dinanti-nanti akhirnya datang juga. Panggilan wawancara kerja adalah pintu kedua, setelah CV, untuk mendapatkan pekerjaan impian kamu.

Dari pengalaman kami membantu ratusan perusahaan merekrut Creative Talents, ternyata masih cukup banyak lho yang para calon pekerja yang tidak melakukan persiapan serius untuk wawancara kerja. Tanpa persiapan yang serius, pekerjaan impian bisa kandas di tengah jalan. Jangan sampai ya...

 

Apa aja sih persiapan yang harus kita lakukan? Simak beberapa tips berikut ini ya.

 

Konfirmasikan kehadiran

Ketika sudah mendapat panggilan wawancara dari sebuah perusahaan melalui email, segera konfirmasikan kehadiran kamu. Jika mereka menelepon kamu dan kamu diminta hadir pada hari dan jam tertentu, usahakan untuk segera mengkonfirmasikannya. Jika kamu melamar kerja melalui Creasi dan perusahaan memanggil wawancara melalui sistem Creasi, kamu akan mendapatkan notifikasi di email kamu... dan kamu tinggal memberi jawaban "menerima" atau "menolak".

Seandainya memang tidak bisa hadir, segera sampaikan secara jujur dan jangan lupa sampaikan permohonan maaf. Jika kamu benar-benar serius untuk menjajaki perusahaan tersebut dan ingin datang, tanyakan dengan sopan kemungkinan untuk mengatur ulang jadwalnya.

Kami cukup sering menemukan pembatalan mendadak dari pelamar kerja yang dipanggil. Padahal di awal mereka sudah menyanggupi untuk hadir pada hari, jam dan tempat yang ditentukan. Kadang si pelamar kerja malah tidak memberi kabar apapun ketika batal hadir dan ketika ditelepon tidak diangkat-angkat. Nah lho!

 

Lakukan persiapan kerja

Persiapan itu mencakup beberapa hal lho. Yang paling pertama adalah mempelajari perusahaan dan posisi yang kamu incar. Bukan sekali dua kali kami mewawancarai pelamar kerja yang datang wawancara dan nyaris tidak memiliki pengetahuan mengenai perusahaan yang dilamar. Terkadang mereka juga tidak mengerti tentang posisi pekerjaan yang mereka lamar. Padahal kan gampang banget; tinggal google aja.

Kami pernah mewawancarai belasan orang pelamar untuk posisi social media officer untuk sebuah website. Ternyata tidak sampai setengah dari mereka yang sudah membuka website tersebut dan melihat-lihat social media website tersebut. Wah, gawat! Untuk memperbesar peluang kamu diterima kerja dan meningkatkan kemampuan negosiasi gaji nantinya, seharusnya kamu bukan saja mempelajari tapi juga menyiapkan beberapa rekomendasi yang tajam. Pasti si pewawancara akan terpukau lho! Jangan lupa juga persiapan untuk mencari tahu persis alamat dan lokasinya biar kamu nggak telat pas hari H wawancaranya.

 

Persiapkan pakaian dan portfolio kamu yang tepat

Dress for success! Sesuaikan penampilan kamu dengan posisi dan perusahaan yang kamu lamar; seorang graphic designer di advertising agency lebih santai gaya berpakaiannya ketimbang seorang graphic designer di bank besar misalnya. Seringkali kesan pertama yang terbangun adalah dari pakaian kamu lho! Memang sih kebanyakan posisi di bidang kreatif tidak keberatan jika kamu tidak datang mengenakan setelan jas tentunya.

Sebagai pekerja kreatif, jangan lupa juga untuk mempersiapkan portfolio kamu. Mau diprint dengan cantik boleh... tapi minimal dipersiapkan di laptop kamu untuk kamu presentasikan jika ditanyakan. Jangan sekedar memperlihatkan portfolio, tapi ceritakan! Ini akan menunjukan kamu sudah melakukan persiapan dengan matang.

 

Siapkan jawaban-jawaban pertanyaan yang sering diajukan

Bayangkan jika kamu berada di posisi si pewawancara. Pertanyaan apa aja sih yang lazim ditanyakan?

Apa sih keuntungan bagi perusahaan jika mereka mempekekerjakan kamu? Kamu terbiasa kerja dalam deadline? Apa sih pencapaian kamu yang paling hebat dan relevan untuk pekerjaan ini? Berapa sih gaji yang kamu inginkan?

Siap-siap juga untuk ditanyakan pertanyaan-pertanyaan unik seperti; sebutkan lagu yang paling kamu benci tapi hafal liriknya dan kenapa? Kalau kamu seorang kaya raya tujuh turunan dan tidak perlu kerja sama sekali, apa sih yang akan kamu lakukan setiap harinya? Setiap kategori Creative Talent tentu memiliki perbedaan masing-masing; seorang photographer pasti beda dengan seorang penulis dan seorang visual designer.

Selain itu, kuasailah konsep dan teknik di dalam portfolio kalian dan seharusnya kalian akan baik-baik saja jika ada pertanyaan mengenai itu.

 

Tunjukan antusiasme tinggi

Ada beberapa cara sangat sederhana namun sering dilupakan para pelamar kerja, beberapa diantaranya adalah: siapkan pertanyaan untuk pewawancara yang menujunjukan ketertarikan kamu terhadap posisi dan perusahaan tersebut. Contoh simpel adalah: Terima kasih atas waktunya, setelah wawancara ini apakah langkah berikutnya dalam proses rekrutmen di sini?

Selama pembicaraan usahakan untuk selalu melihat ke arah mata pewawancara dan juga tersenyum. Ini membantu membangun kepercayaan dari pewawancara. Hal lainnya adalah mengirimkan email setelah wawancara yang intinya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Hal lain yang tidak boleh dilakukan untuk menunjukan keseriusan kamu saat wawancara adalah melihat-lihat HP kamu. Pastikan HP kamu juga silent ya.

 

 

Bagaimana? Apakah kamu punya tips dan trik lain yang bisa membantu?

 

 

Posted on August 28, 2015 | by: Creasi | Comment: 0

Share with

Mail

TOP

thanks for www.uiuxfirst.com