Creasi adalah situs cari kerja kreatif di Indonesia yang membantu semua Creative Talent (pekerja kreatif) melamar kerja dengan cepat dan mudah. Hanya dengan satu isian singkat dan upload CV + Portfolio dalam satu file, lamaran kerja akan terkirim. Para Talent Seeker (perusahaan maupun individu) dapat memasang info lowongan kerja kreatif dan melakukan proses rekrutmen dengan cepat dan mudah. Beberapa kategori lowongan kerja yang populer adalah: graphic design, illustrator, web design, copywriter, content writer, photographer, packaging design, fashion design, motion graphic dan digital imaging. Dengan info lowongan kerja terbaru di Creasi, mencari lowongan kerja dan melamar kerja di bidang kreatif menjadi semakin gampang.

An Introduction to Pointed Pen Calligraphy by Ernie Tan


An Introduction to Pointed Pen Calligraphy by Ernie Tan

‘Calligraphy comes from Greek word,

‘kallos’ and ‘graphein’,

which means beautiful writing.’

 

Siapa yang menyangka kalau menulis calligraphy itu sangat menenangkan. Saya selalu mention ini di setiap kelas calligraphy yang saya ajari.

 

‘Writing calligraphy is like doing yoga, on your desk. It has a very therapeutic experience.’

 

 

Saya belajar pointed pen calligraphy mulai bulan Mei 2014. Pertama kali saya jatuh cinta dengan calligraphy adalah saat melihat feeds di Instagram (terutama art work oleh calligrapher luar negeri). Kemudian saya bertekad bahwa saya ingin belajar untuk menulis seperti itu! Mulailah saya mencari perlengkapan calligraphy di Jakarta. Setelah itu, saya mengikuti salah satu workshop calligraphy dan selebihnya saya belajar secara otodidak dari buku dan websites.

Saya ingin lebih banyak orang lagi yang bisa jatuh cinta dengan calligraphy. Seni menulis huruf sambung (cursive) ini telah banyak ditiadakan dari kurikulum sekolah. Saya berharap dengan membagikan informasi di mana kamu bisa mendapatkan calligraphy tools, kamu bisa memulai untuk belajar.

 

Pen holder

Pen holder ini ada yang berbentuk lurus saja yang dinamakan straight holder dan ada lagi yang ujungnya mencuat keluar yang dinamakan oblique holder.

Where to get?

Toko alat tulis dan perlengkapan kerajinan tangan, seperti art land, success stationery, dll. Harganya relative bersahabat hanya saja shop keepernya belum tentu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu lebih detail mengenai calligraphy. Selain itu, kamu bisa contact @cforcalligraphyshop di Instagram. Ownernya juga seorang calligrapher, sehingga dengan guidance dia, kamu bisa konsultasi lebih banyak apa yang kamu butuhkan.

 

Nib

Nib atau ujung pena memiliki bentukyang beraneka ragam. Bisa dibilang ada seratusan macam dan mereka memiliki fleksibilitas yang berbeda. Hasil tulisan yang diberikan pun berbeda. Setiap calligrapher memiliki nib favorit masing-masing. Jadi kamu perlu coba nib lebih banyak untuk menemukan nib favorit kamu.

 

 

Ink

Tinta calligraphy berbeda dengan tinta spidol yang dijual di toko perlengkapan alat tulis pada umumnya. Di Jakarta, kamu bisa cari tinta jepang di toko Daiso. Itu yang paling terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa pakai cat air untuk dijadikan tinta. Dengan demikian, kamu bisa menghasilkan tulisan dengan beraneka ragam warna.

 

Kertas

Tidak banyak yang tahu kalau kertas dalam dunia calligraphy itu berperan penting. Tinta calligraphy itu tidak bisa menggunakan sembarang macam kertas karena akan meleber. Kertas yang dipakai harus berkualitas tinggi dan memiliki permukaan yang sangat halus. Saya merekomendasikan kertas merek Maruman atau Kokuyo Campus. Kamu bisa dapatkan kedua merek tersebut di toko buku di mal-mal.

 

 

Setelah kamu memiliki tools ini, kamu sudah siap untuk mulai menulis. Apabila kamu punya pertanyaan, kamu boleh email ke ernietan.calligraphy@gmail.com. Kamu juga bisa follow Instagram saya, @ernietan.calligraphy, untuk tips-tips singkat calligraphy. Selamat menulis!

 

Posted on September 11, 2015 | by: Ernie Tan | Comment: 0

Share with

Mail

TOP

thanks for www.uiuxfirst.com