Creasi adalah situs cari kerja kreatif di Indonesia yang membantu semua Creative Talent (pekerja kreatif) melamar kerja dengan cepat dan mudah. Hanya dengan satu isian singkat dan upload CV + Portfolio dalam satu file, lamaran kerja akan terkirim. Para Talent Seeker (perusahaan maupun individu) dapat memasang info lowongan kerja kreatif dan melakukan proses rekrutmen dengan cepat dan mudah. Beberapa kategori lowongan kerja yang populer adalah: graphic design, illustrator, web design, copywriter, content writer, photographer, packaging design, fashion design, motion graphic dan digital imaging. Dengan info lowongan kerja terbaru di Creasi, mencari lowongan kerja dan melamar kerja di bidang kreatif menjadi semakin gampang.

Featured Creative Talent: Sungging Priyanto


Featured Creative Talent: Sungging Priyanto

 

Tema-tema yang sangat Indonesia itu jarang mendapat tempat dan agak jarang dieksplorasi para Creative Talent. Padahal kalau mau dieksplorasi itu bisa melahirkan ide yang tanpa batas dan tidak ada habisnya.

 

Itulah salah satu pendorong Sungging untuk terus berkarya. Menurtnya dengan perkembangan sekarang, sudah mulai banyak pihak, khususnya desainer, yang mengangkat tema-tema yang bernafaskan Indonesia. Baik di lomba, project, maupun karya idealis. Menurutnya, khazanah Indonesia merupakan sumber yang melimpah dan salah satu jalan untuk lebih mengenalkan Indonesia dari kaca mata yang lain; sisi budaya dan kreatifitasnya. Dia selalu senang jika semakin banyak pihak, pemerintah, swasta maupun individu mendukung tema-tema yang Indonesia banget.

Bungsu dari lima bersaudara, Sungging sudah menekuni dunia desain selama belasan tahun. Selain sibuk bekerja di sebuah perusahaan komik dan mengelola kerjaan di studionya sendiri, Sungging aktif di sekretariat komunitas WPAP (Wedha's Pop Art Potrait). Terinspirasi dari salah satu tokoh senior, Wedha Abdul Rasyid, WPAP kini menjelma menjadi komunitas ribuan desainer yang saling menginspirasi satu sama lain.

Seperti banyak Creative Talent lainnya, Sungging tidak sungkan-sungkan mebagi ilmu yang dia miliki kepada orang lain. Baginya itu seperti pohon dengan cabangnya, kalau kita kasih ilmu dengan ikhlas, nggak akan pernah merugikan kita. Bahkan di komunitas tempatnya aktif, WPAP, hukumnya wajib memberi ilmu pada member yang lebih muda. Jika pelit, siap-siap aja di banned katanya.

Jika bebas memilih dan tidak memikirkan besarnya bayaran, pekerjaan impian Sungging sebenarnya adalah melukis. Sejak kenal digital, banyak waktu tersita karena mengerjakan job yang mayoritas finalisasinya dengan digital. Padahal, dia merasa akarnya bukan di digital. Baginya, melukis itu benar-benar membebaskan segala ekspresi, tanpa tekanan, ringan. Lebih mantap lagi jika karya kita diapresiasi, dan nilainya di atas ekspektasi kita karena karya kita itu ‘laku’ karena konsep murni dari kita.

Bicara soal melukis, banyak banget orang yang menginspirasinya. Salah satunya adalah Salvador Dali. Menurtnya karya Dali pada umumnya adalah penekanan pada kedalaman visual dan kedalaman konsep. Kita tidak bisa melihat lukisan Dali jika kita nggak mikir. Contohnya lukisan Dali yang berjudul The Persistence of Memory, jelas multi tafsir. Memang, hal ini sangat relatif banget pemahaman tentang sebuah karya seni, khususnya lukis. Karena di satu sisi sudut pandang, lukisan itu ya lukisan yang harus dinikmati dengan mudah, dan bisa memberi ‘rasa keindahan’ pada penikmatnya. Namun, baginya kedalaman konsep yang memaksa kita berpikir dan finalisasi pada visual yang keren adalah karya yang bagus banget.

Kalau kita melihat beberapa karyanya, terlihat unsur Indonesia yang kental dan adopsi dari gaya WPAP juga sering terlihat. Mungkin itu juga salah satu alasan kenapa Sungging membuat karya ketujuh Presiden Indonesia ketika Creasi Design Challenge TU7UH kemarin berlangsung. Nggak ada lho, Creative Talent lain yang membuat ketujuh-tujuhnya.

 

    

                 Hello, this is Indonesia!                                                            Long Journey

 

  

                         Putra Sang Fajar                                                        Susilo Bambang Yudhoyono

 

Soal mencari inspirasi, Sungging sangat percaya bahwa harus dengan riset. Tentu saja nggak perlu yang muluk-muluk tapi harus dilakukan. Riset bisa sesederhana melihat langsung di lokasi nyata atau browsing. Menurutnya untuk menjadi seorang Creative Talent yang produktif menelurkan karya-karya keren, harus selalu mencari inspirasi dari berbagai macam sumber. Dan, sekali lagi itulah pentingnya ada wadah orang kreatif berkumpul – offline maupun online. Nah, kalau kalian mau melihat karyanya yang lain atau sekedar ngobrol sama Sungging, cek profilnya di sini ya. 

Kendati sudah cukup lama berkiprah di dunia desain, ternyata salah satu momen yang mengubah hidupnya adalah saat diterima kerja untuk pertama kali. Baginya, ini membangkitkan keyakinan bahwa keahliannya di bidang kreatif ternyata laku! Ini juga otomatis memberi tanggungjawab baru pada dirinya dan keyakinan bahwa kerja kerasnya selama ini membuahkan hasil. So, bagi teman-teman kreatif yang baru mau terjun ke dunia kreatif, jangan khawatir kalau masih belum menemukan kerjaan yang pas. Banyak senior kamu yang sudah mengalami hal serupa kok; deg-degan ketika awal melamar kerja di bidang kreatif. Jangan lupa persiapkan profil dan portfolio kamu yang pualing keren di Creasi tentunya.

 

 

 

Posted on September 18, 2015 | by: Creasi | Comment: 0

Share with

Mail

TOP

thanks for www.uiuxfirst.com